SIMPLEX ‘Glider’ SWEEFITS

sweefits4.gif 

 Brosur Simplex Sweeft Glider tahun 1953.

Ini barangkali varian terakhir yang palingmahal dibanding yang pernah dibuat oleh Simplex. Sepeda ini dibuat hanya 1000 buah dan berharga lebih dari 230 gulden tahun 1953 (bandingkan dengan harga Cycloide Kruisframe yang hanya 190 Gulden ditahun yang sama). Didesain oleh W. van Tooren, dan dijual ke Simplex dengan harga paten desain yang sangat tinggi pada tahun 1953, namun hanya diproduksi sampai tahun 1954 karena konstruksi yang fragile, dan kenyamanan yang kurang ergonomis. Bila dikayuh pada jalan yang rata, konstruksi per pada sadel dan per daun pada frame sangat memberikan kenyamanan, namun bila pada jalan yang naik, kamu akan terdorong turun, demikian sebaliknya kalau direm, pengemudi akan terdorong naik. Sehingga posisi kaki tidak statis dan ini memberikan kontribusi pada ketidaknyamanan disaat dikendarai.

dsc_0003.jpg 

 Koleksi Kapt. (Mar) Happy Johannes, Sidoarjo (torpedo sistem)

Pada beberapa kasus terjadi keretakan pada ujung hulu pipa, selain harga jual yang tinggi dan kurang nyaman pada saat dikendarai. Sehingga membuat Simplex Zweefits ini tidak banyak diproduksi (konon hanya 1000 buah) sepanjang tahun 1953-1954. sepeda ini dilempar ke pasaran dengan dua model, yakni coaster brake model, (torpedo) dan  fitted with cable-operated drum brakes (tromol dengan transmisi rem kabel). Setang sepeda mirip PFG atau model pelayaran (istilah orang Surabaya) atau orang Kebumen menyebut setang model kalong). Menurut pengamatan saya, terdapat dua sepeda ini (satu di Sidoarjo) kepunyaan pak Kapten (Mar) Happy Johannes, dan satu lagi kepunyaan kolektor sepeda di Semarang dengan kondisi yang cukup bagus. Menurut penilaian saya, bentuk dan konstruksi sepeda ini sangat cantik. Barangkali kelemahan itu ditutup dengan bentuk desain dan kelangkaannya mengingat hanya 1000 buah tentu saja menjadi salah satu dari kolektor item.

 sweefits1.jpg

Koleksi Herbert Kuner (model tromol dan transmisi rem kabel).

 dsc_0011.jpg

 Konstruksi frame ruwet yg fragile itu

Andyt Dyoda

with many thanks to Herbert Kuner for the photo, broscure and datas.

50 Responses to “SIMPLEX ‘Glider’ SWEEFITS”


  1. 1 orang pinggiran July 9, 2007 at 9:56 am

    sepedane jos tenan, langka tur larang,di leboni lemari koco wae ben awet, eman-eman nek di tumpaki…..he..he..he..

  2. 2 Andyt July 9, 2007 at 10:03 am

    atau ditumpaki sak lemarine sisan yo kang!

  3. 3 wong-cilik July 9, 2007 at 10:42 am

    sepeda yg aneh….tapi pengen … 😉

  4. 4 t & n July 10, 2007 at 2:27 am

    nggak nyaman juga nggak nape kok bang, nyang penting punyu barang langka simplex pula

  5. 5 pittuwo July 10, 2007 at 4:46 am

    akhirnya…,
    ksampaian juga ngliat Simplex-Glider,
    Kapan ya, bisa punya…, hehe…
    Tks Om Andyt…

  6. 6 Andyt July 10, 2007 at 5:45 am

    Sebuah prestasi kalau bisa mempunyai, sebab di Belanda saja jarang ada

  7. 7 Rucky July 10, 2007 at 8:33 am

    Makasih mas, atas info simplek glidernya. Nambah lagi pengetahuan aku atas dunia persepedaan.

  8. 8 pittuwo July 10, 2007 at 10:42 am

    Om Andyt,
    untuk boncengannya emang dudukan baut hanya pada garpu bawah aja ya…?

  9. 9 mr.t July 11, 2007 at 3:28 am

    hmmm….laker ne!

  10. 10 Chandra KOBA July 11, 2007 at 7:14 am

    Bagus gambarnya.

  11. 11 Chandra KOBA July 11, 2007 at 7:15 am

    Selamat bagi pemilik simplex glider.hebat top deh.

  12. 12 Andyt July 11, 2007 at 8:04 am

    iya pak PitTuwo,
    dudukan boncengan cuman dibagian bawah saja, kayaknya lebih bersifat bagasi barang daripada tempat berboncengan, soalnya cukup fragile juga. Untuk teman-teman yang mau merasakan bagaimana naik Sweefits silakan ke Deltasari, nanti saya antar kesana. Pak Happy sangat familier..Jauh dari kesan militer yang sangar!

  13. 13 pittuwo July 11, 2007 at 9:46 am

    Ooo… begono…,
    wah kalo ada waktu boleh juga tuh…,
    ada rencana mbangun sweefits ga om Andyt..?
    boleh dong pesen satu…, hehe…

  14. 14 Andyt July 11, 2007 at 10:08 am

    niru Sweefits? Gile menyusahkan saja mendingan bikin yang lain pak David

  15. 15 chandra kecil July 12, 2007 at 3:34 am

    Per yang dibawah jok kaya per mobil (per pikul)….kyanya boleh juga nih dijiplak…..

  16. 16 Andyt July 12, 2007 at 3:40 am

    bung Chancil,
    per bawah jok itu tak hanya per pikul tapi juga per tarik, seperti timbangan.

  17. 17 pittuwo July 13, 2007 at 1:26 am

    Om Andyt,
    punya info detail ato foto untuk Girder Frame ga?
    Quadrant itu merek sepeda ya Om…?

    _dph_

  18. 19 goeroe oemar bakri August 23, 2007 at 6:37 am

    Mas Andyt, Saya tanya bagaimana doeloe Pak Happy prosesnya bila memiliki sepeda itu?
    Tak tunggu jawabannya Mas.

  19. 20 goeroe oemar bakri August 23, 2007 at 6:40 am

    RALAT

    Mas Andyt, Saya tanya bagaimana Pak Happy doeloe prosesnya kok bisa memiliki sepeda itu?
    Tak tunggu jawabannya Mas, Maturnuwun.

  20. 21 Andyt August 24, 2007 at 3:50 am

    untuk goeroe oemar bakri,

    pak Happy punya anggota tempur yang bertugas di Papua, dia dapet sepeda itu dari sana, terus dipinang pak Happy. Oleh beliau, dilengkapi dengan ‘mengkanibal’ asesories Simplex Neo. Begitu ceritanya….

  21. 22 goeroe oemar bakri August 29, 2007 at 7:27 am

    Terima kasih atas informasinya Mas Andyt.

  22. 23 pepen September 5, 2007 at 7:51 am

    Simplex glider…. hm gazelle juga punyakan tua an mana tuh mas andyt… trus ada g sih simplex pake shockbreaker … aku liat punya temen… buatan th 1896 an

  23. 24 Andyt September 10, 2007 at 3:04 am

    Sodara Pepen,
    Gazelle glider aku belum pernah melihatnya, terus juga Simplex pakai shockbreaker. Dari diskusi sekian tahun dengan pakar Simplex di Belanda kok belum satu kalipun terungkap model shockbreaker. Ada kemungkinan jenis varian yang langka dan bahkan Belanda tidak punya simpanan data/filenya, namun kemungkinan pula hanya modifikasi.

  24. 25 hardi December 13, 2007 at 11:42 am

    Kok SimpleX…kontruksinya rumit yoo…

  25. 26 Pria Punya Selera December 27, 2007 at 10:30 am

    P.Andyt…………terimakasih sekali ……….baru kali ini saya lihat simplek glider…………sekali lagi terimakasih………..
    sayang nya tentunya susah untuk dapat melihat sepedanya langsung dan masih dirumah tangga dan teman – teman nggak tahu tempatnya dan boleh di tebus / di mas kawinilagi…….he he he…………

  26. 27 jokoprima January 3, 2008 at 1:46 pm

    mas saya rasyid di medan apakah simlexnya jarang dipakai ,jika iya tolong antar saja kemedan ,dimedan kamijuga memiliki mimiliki lokomotif X, steyen batang lengkung buatan jerman,sepeda jerman batang berbentuk seperti tombak.dan banyak sepeda aneh lainnya

    Sepeda Simplex Swefits ini banyak sekali lagi…. BANYAK yang mengincarnya. Kalau pak Heppy (yang punya) mau niat menjual, tentu sudah dua atau tiga tahun lalu dilakukan. Beliau keukeuh tidak mau menjual apalagi ketika tahu bahwa se Jatim hanya dia yang punya.

  27. 28 Andyt January 4, 2008 at 1:35 am

    Mas Rasyid,
    sepeda ini bukan punya saya. Saya sudah nawar sampai lepas 20 juta juga nggak bergeming. Selamat kalau punya sepeda berframe aneh-aneh.

  28. 29 Naruto_OGB January 6, 2008 at 3:17 am

    kepnegin juga sich tapi sayang saya jauh, kalau diajak balapan pasti keduluan pak andyt he he

  29. 30 mr.t January 24, 2008 at 8:08 am

    mas, menyambung pembicaraan tentang shockbreaker, saya pernah lihat pada sepeda ber logo RS tapi shockbreaker nya menyatu dengan boncengan alias tiang boncengannya shockbreaker itu. jadi kalau ada yg dibonceng disitu shockbreakernya akan main..begitu rojerrrr…harga boncengannya jg seharga sepeda? bwahahahah…

  30. 31 erwin February 18, 2008 at 8:50 am

    mas rasyid, gambar sepeda lengkungnya di share donk, jd pengen liat….

  31. 32 adw_60's June 5, 2008 at 1:46 am

    ajib…………

  32. 33 adw_60's June 5, 2008 at 1:51 am

    spedanya keren euy ,,,,,,,,

    hebat lah

  33. 34 tonie martono July 12, 2008 at 1:50 pm

    uapik tenan simplex glidere, simpleku wae akeh sing nonton ke rumah.
    ojo ditumpaki lan ojo didol yoooo

  34. 35 Wiro July 25, 2008 at 9:16 am

    Waaa aku pasien baru simplex……….yo gara-2 sepeda iki pisan dadi kepinggin duwe he…he..he…….
    Kalau ada yang lepas dan mau ngelamar berapa duwit yo……….
    Oh….simplex glider………

  35. 36 koko February 12, 2009 at 3:21 am

    gileeeeeeeeeeeeeeeeee onthelnye

  36. 37 Zulfahri February 12, 2009 at 4:00 am

    Sepedanya bagus sekali, senang liatnya langsung hati tentram..

  37. 38 Niko February 12, 2009 at 2:56 pm

    Waktu ultah PODJOK kemarin aku ditawari SIMPLEX GIRDER SWEEFITS
    sama tetua gagak rimang cuma 5,5jt dasar gak jodoh kantong lagi bokek.

  38. 39 Andyt February 13, 2009 at 8:52 am

    kadang hal-hal seperti itu membuat kecewa dibelakang hari, namun apa hendak dikata, sepeda itu emang 1% usaha, dan 99% keberuntungan. Berbahagialah yang memiliki Grider orisinil hanya 5,5 juta.

  39. 40 diar van Garut February 17, 2009 at 4:11 am

    makanya PSHG memilih simplex ini sebagai logo..kayanya harus punya ya mas andyt?

  40. 41 sj February 17, 2009 at 9:30 am

    ngaceng aku delok e hahahaah

  41. 42 trie May 20, 2009 at 4:27 pm

    numpang mejenk pakDe……

  42. 43 SUP June 4, 2009 at 9:01 am

    wah jadi pengen banget naikin sepeda nya…
    kapan ya….

  43. 44 kill bush June 13, 2009 at 4:30 pm

    Maaf Glider ato GIRDER yang benar J. De Vos hal.36

  44. 45 bambang May 18, 2010 at 5:44 am

    emmm keren banget tuh…aku punya 3 sepeda simplex mau tak jual 10 jt….klw ada yg minat seh bisa hub aku 081903150131

  45. 46 AAMs December 11, 2010 at 5:36 am

    Ommmmmmm…………………..
    Tolong klo tuh speda mau djual m yg punya, tolong dkabarin ya!!!
    Gw ngidam banget ma tuh Onthel.
    Alangkah bahagianya seandainya gw bisa genJot tuh simplex.
    hhmmmmmmm kapan ya???
    entaaahlaah………………..

  46. 47 adhe irham thoriq February 15, 2012 at 10:48 am

    simplex kwi trus ???da yg lain g????

  47. 48 Erin Lewin November 4, 2012 at 2:25 am

    Sapa bae mesthi bakal sarujuk karo aku yen akeh karya sastra Jawa kontemporer sing pantes “ditampilkan ke tingkat dunia.

  48. 49 zainuddin March 21, 2013 at 10:27 am

    mas andyt saya minta tlg nih saya punya spd merk starina 777 england bentuk emblem bintang bendera israel, apa trmsk tua,thn brp,apa bnr ada? Dan philips cewek no seri J001009 thn brp ,2 jt apa mhl? TKS mas andyt


  1. 1 SIMPLEX Zweef-Fiets « WIRA-WIRI NAEK SEPEDA Trackback on February 11, 2009 at 10:58 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: